Minggu, 26 September 2010

7 KEAJAIBAN CARA MENJARING CLIENTS

Loyal Clients tidak sekedar merepeat order cetak kembali kepada kita, terkadang juga merekomendasikan profile usaha, pengalaman, layanan (services) atau keunggulan produk yang kita jual kepada rekanan usahanya dilain tempat. Tips atau kiat bisnis berikut ini telah terbukti ampuh untuk mendapatkan CLIENTS dan menjaganya agar tetap LOYAL kepada kita :

1. CLIENTS : CARI - KENALI LEBIH DEKAT - DAN JADIKAN TEMAN/PARTNER
a. Segera tentukan dan cari peluang yang potensial pada segmentasi pasar yang kita
kehendaki.
b. Siapapun calon Konsumen potensial yang akan kita bidik, berupayalah agar kita dapat  
mengenalinya lebih dalam dan luas lagi, agar pada pertemuan pertama kita dapat memberikan
apresiasi yang tepat kepada Client kita.
c. Setelah kita “kuasai” tentang calon Client kita, langsung JADIKAN TEMAN secara prosonal.
Walaupun pada beberapa kasus Client tsb tidak tertarik pada produk yang kita tawarkan, kita
dapat menjadikannya sebagai PERSONAL RELASI / REFERENSI BISNIS untuk transaksi
bisnis yang lain pada kesempatan yang berbeda.

2. KOMPETITOR : CARI - KENALI LEBIH DEKAT - DAN KALAHKAN (PESAING USAHA)
a. Segera tentukan dan cari siapapun Kompetitor yang potensial menghambat laju usaha kita,
terutama kompetitor regional yang sejenis.
b. Siapapun Kompetitor potensial yang akan kita bidik, berupayalah agar kita dapat
mengenalinya lebih dalam dan luas lagi, agar kita dapat mengetahui dan belajar bagaimana dia
bisa tumbuh dan berkembang menyaingi usaha kita.
c. Setelah kita “kuasai” tentang calon Kompetitor kita, langsung KALAHKAN dengan
mengungguli segala kelemahan2 mereka. Bila kita berpikir lebih jauh lagi, Kompetitor itu bisa
kita jadikan PARTNER BISNIS yang saling menguntungkan. Paling tidak kita dapat membagi
pekerjaan yang terlalu “over-loaded” kepadanya, begitu juga sebaliknya kita bisa mendapat
“extra-job” dari kompetitor kita, bila kita menjadikannya sebagai partner, bukan sebagai musuh
yang harus kita hindari keberadaannya.
1 / 27 KEAJAIBAN CARA MENJARING CLIENTS

3. Tentukan secara spesifik dan caritahu contact person yang tepat dan berkompeten
a. President Director (Owner)
b. Marketing Manager    
c. Public Relation / Promotion Manager
d. Purchasing Manager
e. Brand / Product Manager
f.  GA Manager
    Caritahu pula bagaimana susunan manajemen suatu perusahaan !

4. Making FRIENDS-minded
Membangun pola pikir positif bahwa setiap orang / Perusahaan (khususnya yang berkompeten)
adalah aset pertemanan yang akan berguna bagi kita kelak.

5. TOP ONE QUALITY SERVICE
a. On Time in every deadline works
b. Kualitas barang / jasa sesuai spesifikasi pesanan yang diinginkan
       
6. Membuat BANK DATA CUSTOMER secara komperehensif
a. Data2 alamat, nomor telepon, contact persons,
b. Stock Logistic, Progress Order, Payment/Financial Policy, Omzet, Review berkala
c. Knowing what customer’s habbits - what customer’s needed

7. Berikan pendekatan dan perhatian yang lebih secara personal kepada CLIENTS   
a. ALL OUT SERVICES to the CUSTOMERS
b. Telepon, Email, SMS secara berkala berkaitan hal2 yang menyenangkan
c. Ucapkan Salam pembuka pagi hari, ulang tahun, dll
Nah, silahkan anda mencobanya, semoga berhasil...!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar